Uncategorized

Perawatan Ikan Cupang

Mampu merawat ikan cupang, berarti mengetahui apa yang membuat mereka bahagia dan sehat. Ini juga berarti mengetahui apa yang menyebabkan stres dan penyakit sehingga Anda dapat menghindarinya. Dalam panduan perawatan ikan cupang kami yang komprehensif, Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui untuk mempromosikan habitat yang sehat. Ini termasuk ukuran tangki yang direkomendasikan, kualitas dan pemeliharaan air, makan, dan banyak lagi!

Dengan perawatan yang tepat, cupang Anda bisa hidup hingga sepuluh tahun meskipun hidup rata-rata 2-4 tahun. Perbedaan ini sebagian besar disebabkan oleh informasi yang salah di toko hewan peliharaan, di internet, dan dari pemilik cupang lainnya. Ikan cupang adalah spesies ikan yang indah dan cerdas dan layak mendapat perawatan yang tepat.

Merawat cupang Anda membutuhkan sedikit pendidikan dan tanggung jawab untuk anak-anak dan orang dewasa. Cupang yang indah cukup tangguh dan murah untuk dibeli dan dipelihara, dan mereka dapat membawa persahabatan dan sukacita bertahun-tahun.

Jika Anda membaca ini, kemungkinan Anda sudah memiliki ikan cupang Anda di rumah. Jika tidak, tepuk diri Anda di belakang untuk melakukan penelitian sebelum membelinya. Mengetahui cara merawat cupang sebelum Anda membelinya akan membuat segalanya jauh lebih mudah; Terutama ketika membeli tangki dan aksesoris lainnya untuk pertama kalinya. Perawatan Betta: Daftar Periksa Sehat vs Sakit

Anda harus dapat mengidentifikasi perbedaan antara cupang yang sehat dan sakit. Ini mempengaruhi jenis perawatan apa yang perlu Anda berikan kepadanya dari waktu ke waktu. Bahkan ketika pertama kali membeli ikan cupang, penting untuk memilih salah satu yang sehat. Pengasuh yang berpengalaman, bagaimanapun, dapat membeli bettas yang sakit untuk membantu menyelamatkan mereka dari kematian dan penyakit. Di bawah ini adalah karakteristik umum dari bettas yang sehat dan sakit. Ikan Cupang SehatBerenang untuk menyelidiki ketika Anda mendekati habitat merekaAgresif dan dapat menyala pada Anda atau rangsangan lainnyaMemiliki warna-warna cerah, terutama laki-lakiLapar dan makan secara teraturSirip yang tidak rusakIkan Cupang Yang SakitKehilangan nafsu makan untuk waktu yang lamaLesu dan sering bersembunyiPewarnaan kusam, terutama pada priaSirip compang-camping dengan tepi hitamPertumbuhan putih pada tubuh atau mulutBerenang secara tidak normalPernapasan yang bekerjaSirip yang dijepitKembung

Pikirkan ikan cupang Anda mungkin sakit? Kunjungi halaman gejala penyakit dan pengobatan kami.

READ:  Hello world!

Ukuran dan Lingkungan Tangki Cupang5 galon direkomendasikan, 2,5 adalah minimum absolut.Tangki yang lebih kecil lebih banyak bekerja, membutuhkan peningkatan pemeliharaan.Tidak ada mangkuk. Itu untuk makan sereal dari!Ikan cupang adalah jumper, selalu amankan tutup di tangki Anda.Jangan membatasi akses ke permukaan air, atau mengisi tangki Anda ke kapasitas maksimumnya.Ikan cupang membutuhkan siklus cahaya siang dan malam alami.Teman tangki rumit, kunjungi panduan kami untuk informasi lebih lanjut.Jangan pernah menempatkan 2 jantan, atau jantan dan betina di tangki yang sama kecuali berkembang biak.Perempuan dapat hidup bersama dalam “mahasiswi” dari 5 atau lebih.Pertimbangkan pembagi tangki untuk menampung dua bettas dalam satu tangki.

Ukuran tangki minimum absolut untuk cupang sehat adalah 2,5 galon dengan ukuran yang disarankan adalah 5 galon atau lebih. Tangki yang lebih besar lebih mudah untuk mempertahankan siklus nitrogen dan suhu dan membutuhkan pembersihan yang lebih jarang. Salah satu mitos terbesar tentang bettas adalah bagaimana mereka bisa hidup dengan baik di dalam mangkuk atau vas kecil. Untuk menempatkan ini ke dalam perspektif, Anda bisa hidup bertahan hidup di dalam kotak kayu kecil juga jika diberi makanan dan air kan? Anda tidak akan sangat bahagia atau sehat.

Di alam liar, cupang splenden hidup di sungai kekurangan oksigen dangkal, sawah, dan genangan air, tetapi banyak dari daerah-daerah ini masih luas dalam volume air. Cupang Anda membutuhkan ruang untuk berenang di sekitar dan tempat untuk bersembunyi. Plus Anda akan lebih menikmatinya jika mereka memiliki ruang yang cukup untuk mengadakan pertunjukan.

Jangan pernah mengisi tangki Anda ke volume maksimum. Ikan cupang membutuhkan akses ke permukaan air untuk menelan udara menggunakan organ labirin unik mereka. Organ labirin memungkinkan mereka untuk mengekstrak oksigen dari udara dan bukan hanya air melalui insang mereka. Inilah sebabnya mengapa bettas tidak memerlukan pompa udara. Juga pastikan Anda memiliki penutup di tangki Anda karena bettas adalah jumper yang hebat, dan dapat melompat langsung dari tangki Anda. Itu terjadi sepanjang waktu dan merupakan cara yang sangat menyedihkan untuk kehilangan cupang. Cahaya: Alami dan Buatan

Ikan cupang membutuhkan cahaya alami atau buatan saat mereka terjaga di siang hari, dan kegelapan di malam hari sehingga mereka bisa tidur. Ini menetapkan pola siang dan malam yang teratur, mengatur jam biologis internal mereka. Tanaman dan dekorasi lainnya memberikan keteduhan jika mereka ingin keluar dari pencahayaan langsung untuk jangka waktu tertentu.

READ:  Cara Merawat Ikan 101: Tips dan Trik untuk Pemula

Hindari sinar matahari langsung yang masuk ke tangki Anda karena dapat dengan cepat menaikkan suhu air ke tingkat berbahaya dan memicu pertumbuhan ganggang yang tidak diinginkan. Pencahayaan buatan dianjurkan, menempatkan habitat ikan cupang Anda jauh dari jendela. Dengan cara ini Anda mengontrol cahaya yang menyala di siang hari, dan mati di malam hari dengan sentuhan sederhana dari sebuah tombol. Teman Tangki

Beberapa bettas terlalu agresif untuk hidup dengan penduduk lain, tetapi mereka dapat bermain bagus dengan pasangan tank tertentu yang tidak agresif dan tidak memiliki warna cerah atau sirip panjang. Alasan cupang dikenal sebagai ikan petarung Siam adalah karena agresivitas akut jantan. Ini meningkat dari pembiakan selektif pada 1800-an dan masih merupakan bagian dari susunan genetik mereka.

Keberhasilan meningkat dengan menambahkan ikan komunitas dengan bettas di tangki yang lebih besar yang memiliki banyak ruang untuk bersembunyi. Gunakan akuarium 8-10 galon atau lebih besar untuk menyediakan ruang yang cukup untuk habitat masyarakat yang tepat.

Peningkatan ruang dalam tangki yang lebih besar akan mengurangi naluri teritorial cupang dan dapat mengurangi agresi terhadap jenis ikan tertentu. Jika ragu, selalu tanyakan kepada karyawan toko hewan peliharaan lokal sebelum Anda membeli ikan komunitas potensial, atau baca forum di bettafish.com.

Jangan menempatkan dua laki-laki dalam tangki yang sama karena mereka akan melawan dan menggigit satu sama lain, kemungkinan sampai seseorang mati atau sangat stres. Ini kejam dan seharusnya tidak pernah dilakukan! Jantan juga tidak boleh ditempatkan dengan betina kecuali mereka berkembang biak untuk jangka waktu yang singkat dan kemudian dipisahkan.

Laki-laki akan menunjukkan perilaku agresif terhadap perempuan juga. Betina, bagaimanapun, dapat hidup bersama dalam kelompok lima atau lebih, tetapi ukuran tangki harus berlipat ganda hingga 10 galon atau lebih. Aturan praktis yang baik adalah 1 galon per 1 inci dari setiap ikan. Jika Anda memiliki 5 betina, masing-masing 2 inci, itu akan diterjemahkan ke tangki 10 galon.

READ:  8 Besar &Mudah Merawat Ikan Untuk Pemula

Tanaman, Tempat Persembunyian, dan DekorasiIkan cupang membutuhkan tanaman dan tempat persembunyian untuk merasa aman.Meniru habitat alami ikan cupang untuk mengurangi stres.Tanaman hidup sangat ideal untuk manfaat pembersihan tambahan mereka.Tanaman dan daun palsu harus sutra dan bukan plastik tajam.Hati-hati dengan tepi tajam di tempat persembunyian dan dekorasi.

Bagian utama dari merawat ikan cupang melibatkan memastikan mereka puas dan tidak stres. Meniru habitat alami mereka adalah cara terbaik untuk mencapai itu. Bettas suka tempat untuk bersembunyi sehingga mereka bisa merasa aman, terutama saat tidur. Pikirkan tempat persembunyian seperti rumah mereka.

Habitat alami mereka memiliki banyak tempat untuk bersembunyi, termasuk substrat, batu, tanaman dan tongkat. Tanaman hidup adalah yang terbaik untuk akuarium karena mereka dapat membantu menghilangkan amonia dari air (misalnya Amazon Sword) dan mereka lembut.

Jangan khawatir, tanaman buatan juga baik-baik saja, dan harganya murah dan tangguh. Kualitas mereka telah benar-benar meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan terlihat hampir identik dengan real deal. Hati-hati dengan tanaman buatan dan dekorasi karena mereka dapat merusak sirip cupang Anda.

Semua tanaman dan daun buatan harus sutra jika memungkinkan. Log dan tempat persembunyian lainnya juga harus diperiksa untuk tepi tajam dan diamplas jika perlu. Pemilik cupang suka menggunakan apa yang disebut ‘tes pantyhose’, menjalankannya di bawah tanaman atau dekorasi untuk melihat apakah itu halangan. Jika ya, tanaman atau tempat persembunyian kemungkinan akan merobek sirip halus cupang juga.

Kunjungi panduan lengkap kami untuk tanaman ikan cupang hidup dan palsu terbaik.

Suhu dan Kualitas AirPertahankan habitat tropis pada suhu 76-81 derajat Fahrenheit.Ikan cupang lebih suka air dalam kisaran pH 6,5-7,5.Amonia idealnya harus menjadi nol bagian per juta (ppm).Nitrat harus kurang dari 40 bagian per juta (ppm).Nitrit idealnya harus menjadi nol bagian per juta (ppm).Gunakan kondisioner air / dechlorinator untuk membuat air keran aman untuk bettas.Gunakan termometer akuarium untuk memantau suhu tangki Anda.Filter mengurangi kadar amonia, nitrat dan nitrit, dan melestarikan bakteri sehat.Hindari perubahan drastis dalam suhu air dan kualitas air.Gunakan strip uji untuk memantau parameter air.

You may also like...