Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan ikan tetapi tidak yakin apakah ikan akan membuat hewan peliharaan terbaik atau tidak? Tidak peduli jenis ikan apa yang Anda pikirkan, ada beberapa fakta perawatan ikan dasar yang berlaku. Setelah Anda membuat keputusan, pastikan untuk meneliti jenis ikan dan kebutuhan individu. Di bawah ini, Anda akan menemukan jawaban atas beberapa pertanyaan perawatan ikan yang paling umum untuk membantu Anda memutuskan apakah ikan adalah jenis hewan peliharaan yang tepat untuk Anda atau tidak. Apakah Ikan Benar-benar Hewan Peliharaan Pemeliharaan Rendah?

Secara umum, ikan air tawar lebih murah dan lebih mudah dirawat daripada jenis hewan peliharaan lainnya, yang mengarah pada persepsi bahwa mereka mudah dirawat. Meskipun mereka bisa kurang bermasalah daripada jenis hewan lainnya, itu tidak benar-benar membuat mereka menjadi hewan peliharaan dengan perawatan rendah.

Ikan memiliki kebutuhan dasar yang sama dengan hewan lain, termasuk makanan, air dan habitat yang tepat, tetapi karena ikan hidup di lingkungan yang sama sekali berbeda dari manusia dan mamalia lainnya, mereka bergantung pada kita untuk menyediakan semua yang mereka butuhkan untuk hidup bahagia.

Sedangkan anjing dan kucing tidak akan mati jika mereka tidak dicuci secara teratur (meskipun perawatan yang tepat untuk hewan peliharaan Anda didorong), pembersihan akuarium secara teratur adalah suatu keharusan untuk menjaga ikan yang sehat. Setelah Anda memutuskan jenis ikan apa yang akan didapat, Anda dapat menentukan akuarium mana yang paling tepat untuk Anda dan jenis pemeliharaan apa yang dibutuhkannya. Apa jenis ikan hewan peliharaan yang paling umum?

Jenis ikan peliharaan yang paling populer termasuk ikan cupang (juga dikenal sebagai ikan perang Siam), ikan mas umum, Achilles tang, ikan mas fantail, dan angelfish. Bagian dari alasan mengapa ikan mas dan bettas sangat populer adalah karena mereka dapat hidup dalam suhu air yang tidak selalu membutuhkan pemanas (tergantung di mana Anda tinggal), dapat mentolerir beberapa variasi dalam kimia air dibandingkan dengan ikan lain, umumnya pemakan sehat dan lebih keras daripada ikan lainnya. Seberapa Sering Ikan Perlu Diberi Makan?

READ:  Panduan Perawatan Ikan Diskus Lengkap

Ikan tidak memiliki perut, sehingga mereka tidak pernah tahu kapan harus berhenti makan. Saat memberi makan ikan Anda, hanya memberi makan sebanyak yang akan dimakan dalam dua atau tiga menit sekali atau dua kali per hari. Beberapa jenis ikan, seperti ikan mas, hanya boleh diberi makan sebanyak yang bisa mereka makan dalam satu menit, sementara jenis lain memiliki persyaratan yang berbeda. Overfeeding adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pemilik ikan.

Nilai tambah yang bagus tentang kepemilikan ikan adalah Anda dapat memberi ikan Anda pengumpan otomatis atau blok makanan di dalam akuariumnya ketika Anda pergi, daripada harus menemukan seseorang untuk memberi makan kucing atau anjing Anda. Ikan mas sangat santai dan dapat bertahan hidup hingga dua minggu tanpa makanan (meskipun tidak dianjurkan untuk menunggu selama itu di antara menyusui). Di mana tempat terbaik untuk membeli ikan?

Itu tergantung jenis ikan apa yang ingin Anda beli, tetapi toko hewan peliharaan biasanya memiliki berbagai pilihan ikan. Toko akuarium memiliki karyawan yang terlatih dalam mendidik pemilik ikan baru dan dapat memastikan Anda memilih ikan dan peralatan yang tepat. Pilihan lain adalah mencari pembudidaya ikan untuk jenis yang lebih khusus atau warna ikan tertentu. Banyak jenis ikan peliharaan yang populer dibiakkan secara komersial, dan sebagian besar toko hewan peliharaan mendapatkan ikan mereka dari peternak komersial. Jenis Peralatan Apa yang Dibutuhkan Ikan Saya?

Makanan, air, filtrasi dan panas adalah elemen dasar yang perlu Anda sediakan untuk ikan peliharaan Anda, tetapi spesifikasi yang tepat akan tergantung pada jenis ikan yang Anda pilih, seberapa besar pertumbuhannya dan sejumlah faktor lainnya. Tergantung pada jenis ikan yang Anda pilih, Anda akan membutuhkan akuarium yang cukup besar untuk mendukung pertumbuhan ikan, dengan pompa udara dan pemanas submersible. Aturan praktis yang baik untuk ukuran akuarium adalah satu galon air per setiap inci ikan dewasa. Ikan tropis membutuhkan elemen pemanas di habitatnya, tetapi ada beberapa ikan air tawar (seperti ikan mas) yang lebih memilih suhu yang lebih dingin dan mungkin tidak memerlukan pemanas. Sangat penting bahwa Anda melakukan penelitian Untuk mencari tahu peralatan spesifik apa ikan peliharaan yang Anda pertimbangkan kebutuhan.

READ:  6 Tips Perawatan dan Pemeliharaan Tangki Ikan Mudah untuk Pemula

Sedangkan untuk makanan, ada makanan ikan komersial yang tersedia yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi jenis ikan tertentu. Makanan ikan biasanya datang dalam bentuk serpihan, seperti pelet, atau membekukan kering. Makanan khusus, seperti cacing darah dan udang air garam, juga dapat dibeli dari toko hewan peliharaan yang membeku kering dan beku. Memberi makan ikan Anda makanan beku-kering lebih disukai daripada ikan hidup karena menghilangkan risiko penularan penyakit. Pastikan makanan yang Anda beli sesuai untuk spesies ikan Anda. Seberapa Sering Tangki Ikan Perlu Dibersihkan?

Akuarium membutuhkan perubahan air secara teratur dan pengujian pH untuk memastikan ikan hidup dalam kondisi yang tepat. Tergantung pada ukuran akuarium dan sistem filtrasi yang telah Anda siapkan, Anda harus melakukan penggantian air parsial mingguan, serta membersihkan tangki dan mengganti air sekitar sekali per bulan.

Beberapa ikan, seperti ikan mas, dikenal sebagai ekstra berantakan dan mungkin memerlukan perubahan air yang lebih sering dan pembersihan tangki. Overfeeding juga akan dengan cepat mencemari air. Memantau tingkat pH akuarium Anda dan mengawasi kontaminan dan polutan yang terlihat harus memberi Anda ide bagus tentang seberapa sering Anda harus membersihkan tangki ikan Anda. Apa lagi yang bisa saya dapatkan untuk tangki ikan saya?

Ketika datang untuk mendekorasi akuarium Anda, langit adalah batasnya, ingatlah bahwa apa pun yang Anda masukkan ke dalam tangki, Anda harus membersihkan ketika Anda melakukan pembersihan akuarium secara teratur. Beberapa ikan benar-benar menyukai tanaman, baik hidup atau plastik. Jika Anda memilih tanaman hidup, Anda akan membutuhkan sedikit kerikil di bagian bawah tangki (yang bisa berbahaya bagi beberapa ikan yang keliru memakannya).

READ:  8 Besar &Mudah Merawat Ikan Untuk Pemula

Dekorasi tangki lainnya menyenangkan untuk dilihat dan memberikan beberapa fungsi bermanfaat bagi ikan Anda, seperti peti harta karun yang terbuka dan juga menyediakan gelembung kaya oksigen. Terlepas dari apa yang Anda pilih, cobalah dan meniru habitat alami ikan.

Gambar: cynoclub / Shutterstock

You may also like...