Uncategorized

Cara Merawat Ikan Anda

Ikan membuat hewan peliharaan yang indah dan menghibur. Apakah Anda seorang pemula atau ahli, ada beberapa dasar kepemilikan ikan yang penting untuk diikuti. Pastikan mereka merasa nyaman dan sehat dengan mendapatkan tangki ukuran yang tepat dan menambahkan tanaman dan dekorasi yang sesuai. [1] Ikan dapat hidup lama, sehingga membangun rutinitas pembersihan dan makan akan membuat kepemilikan lebih menyenangkan dan kurang stres. Pelajari Tentang Artikel Nitrogen CycleDownload

Siklus nitrogen adalah bagaimana akuarium Anda tetap bersih. Tanpa tangki siklus yang benar, ikan Anda akan stres dan kemungkinan akan hilang lebih awal.

Pada langkah pertama ke siklus, ikan Anda poops. Limbah mengandung bahan kimia beracun yang disebut amonia. Amonia juga diproduksi oleh sisa makanan di dalam tangki, jadi pastikan Anda tidak terlalu banyak memberi makan ikan Anda.Ketika Anda menguji amonia Anda di dalam tangki, tingkat ideal di bawah 0,25ppm.

Bakteri menguntungkan (disebut bakteri nitrosomonas) mencerna amonia dan mengubahnya menjadi nitrit. Bakteri ini ditemukan di filter ikan Anda. Sebelum Anda mendapatkan ikan Anda, jalankan filter Anda untuk sementara waktu di dalam tangki dan tambahkan makanan ikan untuk memberi makan bakteri. Ketika film coklat muncul di media filter, jangan mencuci filter. Film coklat ini adalah bakteri nitrosomonas. Tanpa itu, ikan Anda akan menderita keracunan amonia.

Nitrit beracun bagi ikan Anda. Ketika Anda mengujinya, tingkat ideal adalah 0,0ppm.

Bakteri menguntungkan (bakteri nitrobacter) mencerna nitrit dan mengubahnya menjadi nitrat. Selain bakteri nitrosomonas, bakteri ini juga terlihat dalam film coklat di filter.

Nitrat harus disimpan di bawah 20ppm. Tanaman membantu dalam menghilangkan nitrat, tetapi Anda harus melakukan setidaknya satu perubahan air keempat setiap minggu untuk menjaga nitrat turun.

Siklus dimulai lagi ketika Anda memasukkan makanan ikan ke dalam tangki. Anda hanya harus mendapatkan ikan Anda ketika tangki Anda sepenuhnya bersepeda. [2] Ini berarti amonia dan nitrit adalah 0ppm dan nitrat di bawah 20ppm. Ketika Anda menambahkan ikan Anda, hanya menambahkan hingga tiga pada satu waktu atau amonia Anda akan naik.Memilih Artikel FishDownload Anda

READ:  Hello world!

Pilih air tawar atau air asin. Ikan air tawar adalah pilihan terbaik untuk pemula, karena mereka membutuhkan lebih sedikit pemeliharaan akuarium. Mereka juga umumnya memiliki lebih sedikit masalah kesehatan di akuarium rumah. Ikan air asin membutuhkan akuarium air asin dan lebih menantang untuk dipelihara. Namun, mereka cukup cantik. [3]

Pergi dengan jenis kecil. Dalam banyak kasus, ikan kecil adalah ras yang damai. Mereka juga membutuhkan lebih sedikit ruang tangki, menjadikannya pilihan yang baik untuk pemilik ikan pertama kali. Neon tetras, zebra danios, dan livebearers adalah semua pilihan yang solid. Sadarilah bahwa beberapa ikan yang dianggap mampu disimpan dalam mangkuk, seperti ikan mas, benar-benar dapat tumbuh cukup besar. Idealnya, tangki ikan terkecil yang dapat Anda simpan adalah 3 galon.Jika Anda pergi dengan spesies ikan yang lebih suka tinggal di sekolah atau beting, seperti tetra, berencana untuk membeli setidaknya lima dari mereka sekaligus.Ikan sekolah berenang bersama, sedangkan ikan shoaling hanya berenang bersama saat takut. Kedua ikan membutuhkan teman untuk merasa aman.

Pilih ikan pendamping dengan hati-hati. Ketika memutuskan ikan mana yang akan dimasukkan ke dalam tangki Anda, Anda harus melampaui warna dan penampilan dan fokus pada perilaku sebagai gantinya. Anda biasanya perlu menempatkan ikan non-agresif atau agresif bersama-sama. Jika Anda mencampur jenisnya, maka ikan agresif biasanya akan menyerang yang lain. [4]Misalnya, ikan mas, guppies, dan pleco harimau adalah ikan ramah yang akan hidup berdampingan secara damai bersama.Angelfish dan cichlids adalah dua jenis ikan agresif yang sering dapat hidup dalam tangki bersama-sama tanpa merugikan satu sama lain.

Beli dari dealer atau toko terkemuka. Jika Anda membeli dari toko hewan peliharaan, Anda memiliki keamanan tambahan untuk melihat ikan yang sebenarnya yang Anda beli. Sebagian besar toko juga sering pengembalian dana jika ikan mati sebelum tanggal tertentu. Jika Anda membeli secara online, Anda akan melupakan pilihan apa pun mengenai ikan individu, tetapi Anda akan mendapatkan lebih banyak ras ikan untuk dipilih. [5]Jika Anda pergi rute online, pilih dealer yang menawarkan koneksi layanan pelanggan yang jelas melalui email atau telepon. Carilah ulasan positif secara online juga. Ini sering dapat ditemukan di forum pemilik ikan.Hindari liar-tertangkap bila memungkinkan. Ikan yang ditangkap liar seringkali lebih sensitif, ditangkap dengan cara yang tidak manusiawi, dan lebih sulit dirawat.Segera setelah Anda menerima ikan dari online, atau sebelum membelinya di toko, lihat untuk memastikan bahwa itu tampak sehat. Ini harus aktif dan berenang di sekitar dengan kecepatan yang stabil. Mata dan insang harus bersih dari puing-puing atau lendir. Timbangan harus utuh dan bebas gores. [6]Menyiapkan Artikel TankDownload Anda

READ:  Perawatan Ikan Cupang

Dapatkan tangki ukuran yang tepat. Semakin besar ikan Anda akan mendapatkan, atau semakin banyak dari mereka yang Anda miliki, semakin besar tangki Anda akan perlu. Sebagai aturan umum, ikan air tawar yang tumbuh menjadi satu inci panjang harus memiliki 4,5 liter (1,2 US gal) air dalam tangki. Ikan air asin berukuran ukuran yang sama harus memiliki 2,5 liter (0,7 US gal) air. Kalikan angka-angka ini dengan jumlah total ikan yang harus Anda putuskan tangki mana yang akan dibeli. [7] Namun, aturan ini tidak selalu berlaku. Beberapa spesies energik, seperti udang, membutuhkan lebih banyak ruang untuk berkembang. Anda juga perlu mempertimbangkan beban bio ikan (berapa banyak amonia yang mereka hasilkan). Beban bio yang lebih tinggi membutuhkan tangki yang lebih besar. Misalnya, plecos, ikan mas, dan platies memiliki beban bio yang tinggi, sementara tetra dan otocinclus memiliki beban bio yang lebih rendah.Jika ragu lebih baik untuk mendapatkan tangki yang sedikit lebih besar, karena kepadatan penduduk dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan bagi ikan. Bahkan dapat menyebabkan kematian ikan karena kualitas air yang buruk.Pastikan untuk mendasarkan perhitungan Anda pada ukuran dewasa penuh ikan Anda, bukan ukurannya saat ini.

Tempatkan tangki Anda di lokasi yang baik. Tangki ikan bisa sangat berat, jadi berinvestasi dalam posisi kualitas dan setelah Anda mendapatkannya ke posisi cobalah untuk tidak memindahkannya terlalu sering. Pastikan untuk menempatkan tangki Anda keluar dari sinar matahari langsung untuk menghindari pertumbuhan alga. Ini juga harus berada di tanah yang sama untuk meminimalkan kemungkinan itu terbalik. Ruangan yang lebih tenang tanpa TV atau banyak lalu lintas pejalan kaki umumnya membuat lingkungan yang lebih damai untuk ikan Anda.Ini juga merupakan ide yang baik untuk tidak merokok di ruangan yang sama dengan ikan Anda, karena ini merusak kualitas udara.Jika Anda memiliki hewan peliharaan lain atau jika ikan Anda melompat, ingatlah untuk mendapatkan tutup untuk tangki Anda.

READ:  Cara Merawat Ikan Air Asin

Pasang pemanas Anda. Sebagian besar ikan mengharuskan air di tangki Anda mempertahankan suhu tertentu, biasanya antara 72 dan 84 derajat Fahrenheit. Namun, beberapa ikan seperti ikan mas adalah ikan air dingin dan membutuhkan suhu yang lebih rendah. Untuk menjaga suhu diatur dan stabil, Anda akan menggunakan pemanas di tangki Anda. Beberapa pemanas pergi di bawah kerikil atau substrat lainnya. Yang lain tergantung di sisi tangki. Ikuti petunjuk instalasi pada paket. [8]Sangat penting untuk menempatkan tangki Anda di dekat soket listrik yang berfungsi, karena Anda harus mencolokkan perangkat seperti pemanas, cahaya, dan filter Anda.

Instal sistem filtrasi. Filter akan menjaga air Anda tetap bersih dan menghilangkan banyak polutan, seperti kotoran. [9] Ada filter mekanis yang menangkap puing-puing dalam perangkap yang dapat dikosongkan. Ada filter kimia yang menyerap polutan dengan karbon aktif. Dan, ada filter biologis yang menggunakan bakteri aktif untuk menyeimbangkan bahan kimia di dalam air. [10]Filter mekanis umumnya merupakan pilihan terbaik untuk pemula, karena mereka cukup mendasar.Beberapa filter harus ditempatkan di bawah kerikil di tangki Anda, sedangkan yang lain menggantung dari belakang tangki Anda. [11] Ada juga filter tabung, yang masuk ke dalam tangki.Hanya bersihkan media filter pertama, di dekat bagian belakang filter. Hanya perlu dibersihkan jika penuh dengan puing-puing. Jika tidak, jangan membersihkan filter! Ini akan menyebabkan amonia dan paku nitrit dan bisa membunuh ikan Anda. Media filter akan menumbuhkan bakteri coklat yang bermanfaat di atasnya, yang menghilangkan bahan kimia beracun dari limbah ikan. Sangat penting untuk menjaga ikan Anda tetap hidup.

You may also like...