Uncategorized

Cara Merawat Ikan Anda (Tangki)

Ikan datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, menjadikannya beberapa hewan peliharaan paling keren untuk dimiliki. Untungnya, ikan cukup mudah dirawat selama Anda memilih ikan yang berjalan dengan baik bersama-sama dan menempatkan mereka dalam tangki yang cukup besar. Siapkan tangki dengan beberapa peralatan dasar seperti filter, lalu bersihkan sering untuk menjaga ikan Anda berenang bersama dengan gembira. Memilih Ikan dan Artikel TankDownload

Mulailah dengan ikan tropis jika akuarium Anda dipanaskan. Sebagian besar ikan akuarium yang dijual di toko adalah ikan tropis. Ada banyak jenis yang dapat dipilih, termasuk neon tetras, guppies, dan bettas. Ikan ini membutuhkan pemanas akuarium yang konsisten untuk bertahan hidup. Banyak ikan air hangat berfungsi sebagai tambahan yang indah tetapi rendah perawatan untuk akuarium. [1]Menjaga suhu air sangat penting untuk jenis ikan ini. Periksa pemanas sering dan pertimbangkan untuk mendapatkan termometer akuarium.

Pilih ikan air dingin jika akuarium Anda tidak dipanaskan. Ikan mas dan ikan kecil adalah beberapa ikan populer untuk akuarium tanpa pemanas. Banyak ikan subtropis bertahan hidup dengan baik di akuarium dingin. Selain itu, beberapa ikan tropis cukup kuat untuk hidup tanpa pemanas. Loaches, ikan kecil, danios, dan bahkan udang karang dan udang hidup di perairan yang lebih dingin. [2]Ikan air dingin cenderung lebih keras daripada ikan tropis, tetapi mereka sering membutuhkan lebih banyak ruang. Ikan mas yang terawat baik akan tumbuh jauh lebih besar dari yang Anda harapkan!Ikan air dingin sering membutuhkan suhu air sedikit di bawah apa yang dibutuhkan ikan tropis. Ikan mas, misalnya, membutuhkan air antara 65 dan 72 ° F (18 dan 22 ° C).

Angkat ikan air asin untuk hewan peliharaan yang lebih keras yang membutuhkan lebih banyak perawatan. Ikan air asin sedikit lebih sulit untuk dipelihara daripada ikan air tawar. Ikan air asin cenderung lebih mahal dan mengharuskan Anda untuk tetap memperhatikan tingkat salinitas akuarium. Jika Anda bersedia untuk menonton salinitas, ikan air asin hampir semudah dirawat seperti jenis tropis. [3]Beberapa contoh ikan air asin termasuk ikan bakar, goby udang kuning, ikan kupu-kupu Klein, dan angelfish kecantikan karang.Komponen logam dalam air asin akan berkarat dari waktu ke waktu. Dapatkan tangki dan peralatan yang dirancang untuk digunakan dengan air asin untuk mengurangi karat.

READ:  Hello world!

Pilih ikan yang berjalan dengan baik bersama-sama dalam tangki. Anda mungkin merasa tergoda untuk mengisi tangki Anda dengan spesies berwarna-warni apa pun yang dapat Anda temukan. Sebelum memilih ikan, baca tentang ikan apa yang berjalan dengan baik bersama- sama. Menempel pada sejumlah ikan dari beberapa spesies, menghindari yang teritorial atau predator. Cobalah untuk mendapatkan ikan yang berasal dari bagian dunia yang sama, karena mereka lebih mungkin untuk hidup bersama secara damai di alam. [4]Jika Anda tidak yakin tentang ikan mana yang harus didapat, mintalah saran kepada karyawan di toko hewan peliharaan.Misalnya, ikan cupang dikenal sebagai ikan petarung. Mereka teritorial di sekitar bettas lainnya. Selain itu, mereka akan menyerang spesies lain yang menggigit sirip mereka. Mereka hidup berdampingan dengan neon tetras dan corydoras.Ikan mas terkadang makan ikan yang lebih kecil dari mereka. Mereka hidup dengan baik dengan duri kemerahan, loaches, dan danios, tetapi mungkin masih menyerang mereka di kali.

Pilih tangki berukuran tepat untuk ikan yang ingin Anda simpan. Tangki yang lebih besar jauh lebih mudah dipelihara dan bekerja dengan baik untuk ikan apa pun yang Anda rencanakan termasuk di akuarium Anda. Ketika ada yang tidak beres dengan tangki, seperti masalah dengan pH, perubahannya jauh lebih lambat dalam tangki yang lebih besar daripada di tangki yang lebih kecil. Selain itu, tangki yang lebih besar menyediakan ruang untuk ikan atau sekolah individu. [5]Jika Anda tidak yakin ukuran apa yang Anda butuhkan, pilih jenis ikan yang Anda sukai dan teliti kebutuhannya. Ikan yang lebih besar membutuhkan tangki yang lebih besar.Misalnya, ikan kecil seperti tetra atau guppy membutuhkan minimal 5 galon (19 L) air. Sekolah ikan ini membutuhkan minimal 15 galon (57 L).Dapatkan tangki 20 galon (76 L) untuk menampung ikan mas. Pilih tangki yang menampung tambahan 10 galon (38 L) untuk setiap ikan mas tambahan yang Anda rencanakan untuk disimpan. [6]Gunakan tangki yang menampung 10 galon (38 L) air untuk menjaga clownfish. Tingkatkan ukuran tangki menjadi 60 galon (230 L) untuk memegang sekolah mereka.Menyiapkan Artikel TankDownload

READ:  Panduan Perawatan Ikan Diskus Lengkap

Jauhkan tangki dari sumber panas dan dingin. Fluks suhu memiliki efek berbahaya pada air tangki dan kaca. Beberapa bagian rumah Anda untuk dihindari termasuk jendela terbuka yang membiarkan sinar matahari langsung, ruang bawah tanah yang berangan, tungku, dan perapian. Temukan tempat di mana suhu dan sinar matahari tetap sejajar sepanjang hari. [7]Ingat bahwa tangki ikan adalah lingkungan yang terkendali. Setiap perubahan kecil mungkin memiliki efek drastis. Sinar matahari, misalnya, menghangatkan air dan memfasilitasi pertumbuhan alga.

Ratakan tangki sehingga tidak retak saat Anda menambahkan air. Atur tangki pada permukaan yang stabil, lalu gunakan tingkat gelembung untuk mengujinya. Tempatkan gelembung di tepi atas tangki. Gelembung di tengah level akan bergerak ke samping jika tangki tidak rata. Air juga akan mengalir ke sisi yang tidak rata, memberi tekanan ekstra pada kaca. [8]Mendapatkan tangki tingkat sempurna itu sulit. Letakkan tangki pada tingkat berdiri di tanah datar untuk mendapatkannya setingkat mungkin. Letakkan shims kayu di bawah tangki untuk membuat penyesuaian elevasi kecil

Pasang pemanas akuarium dan sistem filter di dalam tangki. Anda akan membutuhkan sistem submersible ini untuk mengatur air untuk ikan Anda. Pertama, pilih sistem yang dinilai kompatibel dengan ukuran tangki yang Anda miliki. Merakit komponen, seperti dengan mendorong filter di dalam perumahan tabungnya. Sebagian besar pemanas dan filter mudah dipasang, karena yang harus Anda lakukan hanyalah menggantungkannya di atas dinding tangki dan mencolokkannya ke stopkontak dinding. [9]Jika Anda tidak akan mendapatkan filter, ganti 25% air tangki setiap hari. Jika Anda ingin sedikit bantuan ekstra dengan membersihkan tangki, Anda mungkin ingin berinvestasi dalam beberapa udang, siput, atau ikan lele cory (periksa kompatibilitas dengan tangki Anda).Pemanas dan filter tersedia dalam berbagai model. Beberapa produsen, misalnya, mengharuskan Anda untuk menempatkan filter di bawah kerikil.Pemanas memiliki pengaturan yang dapat disesuaikan. Anda memutar kenop pada pemanas untuk menentukan seberapa panas itu membuat air. Pengaturan yang Anda pilih tergantung pada apa yang dibutuhkan ikan Anda. Akuarium tropis biasanya harus antara 75 dan 80 ° F (24 dan 27 ° C), misalnya.

READ:  6 Tips Perawatan dan Pemeliharaan Tangki Ikan Mudah untuk Pemula

Tambahkan substrat ke tangki dan dekorasi tanaman di dalamnya. Sebarkan kerikil akuarium atau pasir yang cukup untuk menyembunyikan bagian bawah tangki. Bilas semua dekorasi dalam air keran hangat sebelum mendorongnya ke kerikil. Tekan mereka ke dalam kerikil sampai mereka tetap di tempat. [10]Jika ikan Anda suka menggali, dapatkan potongan-potongan kecil batu dan kerikil. Pastikan itu ringan sehingga tidak akan menghancurkan ikan.Hindari menggunakan pasir untuk ikan yang suka menggali karena akan terjebak di sirip dan insang mereka.Sertakan dekorasi plastik seperti kastil atau kapal bajak laut untuk variasi dan tempat berlindung di dalam tangki. Pastikan mereka aman di akuarium. [11]Saat memilih tanaman akuarium, pertimbangkan lingkungan tangki. Tanaman seperti wisteria air, pedang Amazon, hornwort, dan pakis jawa melakukannya dengan baik di tangki air tawar tropis tetapi tidak sesuai untuk tangki air asin.

Isi tangki dengan air keran hangat dan dechlorinate itu. Karena Anda belum memiliki ikan di dalam tangki, tambahkan air keran langsung ke dalamnya. Isi sepanjang jalan ke atas, lalu tambahkan beberapa kondisioner air ke dalam air. Ikuti instruksi pabrikan untuk menambahkan jumlah yang sesuai untuk ukuran tangki yang Anda miliki. Ketika air sudah siap, sendok beberapa dan tuangkan ke dalam filter tangki untuk mendapatkannya siap. [12]Kondisioner air tersedia di toko-toko perlengkapan hewan peliharaan. Jangan gunakan dechlorinators seperti yang dibuat untuk kolam renang. Dapatkan produk yang dirancang untuk air ikan.Air harus suam-suam kuku sehingga tidak merusak tangki. Jangan biarkan kaca pecah merusak rumah baru ikan Anda!

Campur garam laut ke dalam air jika tangki untuk ikan air asin. Beli garam yang dibuat untuk digunakan dalam tangki ikan, kemudian ikuti instruksi produsen untuk mengolah air dengan jumlah yang tepat. Tergantung pada produk, Anda mungkin memerlukan sekitar 5,5 cangkir garam (1501,5 g) garam untuk setiap 16 cangkir (3.800 mL) air. Aduk air secara menyeluruh dengan jaring akuarium atau alat lain. [13]Anda harus mengulangi proses ini setiap kali Anda menambahkan air tawar ke tangki.

You may also like...