Uncategorized

6 Tips Perawatan dan Pemeliharaan Tangki Ikan Mudah untuk Pemula

Eric adalah penggemar akuarium dengan lebih dari dua dekade pengalaman merawat beragam ikan tropis.Ikan tropis bisa menantang untuk dirawat, tetapi beberapa tips mudah akan membuat akuarium Anda berjalan lancar. Gourami Watcher [CC-BY-SA-3.0], melalui WikimediaHow to Care for a Freshwater Tropical Aquarium

Menjaga akuarium tropis bisa menjadi pengalaman yang bermanfaat. Tangki ikan air tawar tidak murah untuk diatur dan dipelihara, dan ada beragam ikan yang tersedia yang dapat Anda stok akuarium baru Anda.

Membangun ekosistem kecil hewan dan tumbuhan adalah perasaan yang luar biasa. Banyak orang terpikat untuk hidup setelah mereka membeli tangki ikan pertama mereka, dan hobi mereka dengan cepat meluas ke akuarium yang lebih besar, lebih banyak akuarium, atau keduanya!

Sayangnya, bagi banyak penjaga ikan, itu juga bisa menjadi jalan yang sangat bergelombang. Memahami ikan mana yang harus dibeli, pemeliharaan dasar apa yang harus dilakukan, dan kapan, berapa banyak, dan seberapa sering memberi makan di antara detail lainnya penting untuk menjaga ikan Anda tetap hidup dan sehat.

Untuk pemula, itu bisa sangat membuat frustrasi. Ada banyak informasi yang tersedia di internet, tetapi sebagian besar membingungkan dan bertentangan. Bagaimana pemula bisa tahu harus mulai dari mana?

Dalam artikel ini, Anda akan membaca tentang 6 tips yang, jika diikuti, akan sangat meningkatkan peluang Anda untuk sukses sebagai penjaga ikan pemula.

Jika Anda tetap di hal akuarium ini akan menjadi lebih mudah, dan Anda akan menjadi pro suatu hari nanti. Tetapi karena Anda mungkin tidak ingin meninggalkan jejak ikan mati di belakang Anda saat Anda berjalan ke depan dan mempelajari tali, ada baiknya untuk mendapatkan beberapa ide dasar.

Pemeliharaan tangki yang buruk adalah salah satu alasan terbesar ikan tropis mati terlalu cepat. Berikut adalah 6 hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda memiliki ikan yang bahagia dan sehat, dan akuarium yang tampak hebat. Siklus Tangki Sebelum Menambahkan Ikan

Jika Anda belum pernah mendengar ungkapan sebelumnya, “bersepeda tangki” berarti mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membawa kondisi air ke tempat mereka sehat untuk ikan. Ini adalah sesuatu yang harus dilakukan sebelum Anda menambahkan ikan ke tangki Anda. Dengan kata lain: Anda tidak harus membeli tangki ikan dan ikan Anda pada hari yang sama!

READ:  8 Besar &Mudah Merawat Ikan Untuk Pemula

Bersepeda melibatkan pertumbuhan mikroorganisme sehat di dalam tangki, yang akan memecah limbah dan membantu menjaga air tetap aman untuk ikan. Ini membutuhkan sedikit waktu, dan sebagian besar ahli merekomendasikan membiarkan tangki berjalan setidaknya selama seminggu sebelum menambahkan ikan.

Penting untuk memulai akuarium baru dengan cara yang benar. Banyak kit akuarium baru dilengkapi dengan paket kecil yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan elemen yang diperlukan untuk bersepeda, atau Anda dapat membelinya secara terpisah di toko hewan peliharaan. Anda juga dapat bersepeda tangki hanya dengan menambahkan sedikit makanan ikan, yang akan mulai rusak dan memulai proses.

Apa yang seharusnya tidak pernah Anda lakukan adalah mencoba bersepeda tangki Anda dengan ikan yang sudah ada di dalamnya. Ini sangat tidak sehat untuk ikan, dan sampai parameter air aman mereka dapat dengan mudah menjadi sakit dan mati. Ini setara dengan seseorang yang mencoba hidup dalam suasana gas berbahaya, dan tidak terlalu baik pada ikan Anda. Menguji dan Memantau Parameter Air

Jadi bagaimana Anda tahu kapan airnya aman untuk ikan Anda? Adalah bijaksana untuk membeli kit pengujian air murah dan memantau kadar amonia, nitrat, nitrit, dan pH air Anda. Saya merekomendasikan API Master Test Kit. Ini adalah kit pengujian yang saya gunakan selama bertahun-tahun. Sangat mudah untuk mengelola dan hasilnya sangat jelas. Jika Anda menguji air setiap minggu, satu kit harus bertahan cukup lama.

Amonia, nitrat, dan nitrit adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan dari siklus hidup di tangki Anda. Mereka baik-baik saja pada tingkat rendah tetapi dibiarkan mereka dapat membangun hingga jumlah yang tidak sehat. Ikuti petunjuk pada test kit dan ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga parameter air tetap benar.

Anda juga dapat menguji pH sumber air Anda dengan kit. Sebagian besar ikan dapat beradaptasi dengan sebagian besar tingkat pH, tetapi jika airnya sangat keras sayangnya mungkin perlu untuk menurunkan pH dengan bahan kimia. Lakukan Perubahan Air Secara Teratur

Jika Anda menemukan parameter air Anda keluar dari garis ada produk over-the-counter yang akan membantu menjaga tingkat kimia ini dalam rangka. Tapi, menurut pendapat saya, air bersih biasanya merupakan jawaban yang lebih baik daripada menambahkan lebih banyak bahan kimia asing ke tangki.

READ:  Dasar-dasar Perawatan Akuarium: 10 Kunci Untuk Tangki Ikan Air Tawar yang Sehat

Perubahan air yang sering adalah kuncinya. Anda perlu mengeluarkan sekitar sepertiga air dari tangki Anda setiap minggu dan menggantinya dengan air bersih yang segar. Ini mencairkan bahan kimia di dalam air dan membuatnya lebih sehat untuk ikan Anda.

Bahkan, jika Anda gagal melakukan ini, Anda akan menemukan parameter air Anda lebih sulit untuk tetap terkendali. Penumpukan limbah akan mencemari air ke titik di mana ia menjadi tidak sehat bagi ikan.

Anda juga harus belajar untuk menyedot kerikil di tangki Anda, untuk menghilangkan puing-puing yang telah terakumulasi di bagian bawah. Semua ini tidak harus sulit, dan tidak membutuhkan lebih dari beberapa menit kerja setiap minggu. Penukar air dan siphon tersedia, yang memungkinkan Anda untuk menyedot debu dan mengeluarkan air pada saat yang sama.Sadarilah apa yang Anda beli ketika Anda menyimpan tangki Anda. Beberapa ikan yang biasa tersedia di toko hewan peliharaan tumbuh terlalu besar untuk sebagian besar tangki.Oleh Gudsine (Karya sendiri) [Domain publik], melalui Wikimedia Commons4. Penelitian Ikan Sebelum Membeli

Ketika tiba saatnya untuk membeli ikan, luangkan waktu untuk meneliti apa yang Anda beli. Pahami seberapa besar ikan akan mendapatkan, temperamennya, persyaratan ruangnya, dan ikan mana yang akan akur.

Ini adalah kesalahan pemula untuk pergi ke toko hewan peliharaan dan membeli ikan dengan penampilan sendirian. Petugas di toko hewan peliharaan harus dapat membuat Anda lurus, tetapi sayangnya, mereka sering tidak terlalu berpengetahuan sendiri. Anda bisa berakhir dengan spesies ikan agresif tanpa menyadarinya, atau ikan yang tidak kompatibel.

Lebih baik melakukan penelitian Sendiri dan belajar tentang hewan peliharaan Anda sebelum membeli. Anda akan melakukannya jika Anda membeli anjing, bukan?

Sepanjang garis ini, jangan overstock tangki Anda. Anda mungkin pernah mendengar aturan “satu inci ikan per galon”. Saran ini adalah omong kosong, dan Anda harus mengabaikannya. Mengetahui ikan apa yang Anda beli dan kebutuhan mereka membantu Anda memahami berapa banyak ikan yang dapat hidup dengan aman di tangki Anda.

Tangki yang penuh sesak menghasilkan peningkatan agresi, peningkatan stres, peningkatan penyakit, dan situasi hidup yang tidak sehat secara keseluruhan untuk ikan Anda. Jauh lebih baik untuk menyimpan tangki Anda dan memiliki lebih sedikit ikan yang lebih sehat. Hindari Overfeeding Ikan Anda

READ:  Cara Merawat Ikan 101: Tips dan Trik untuk Pemula

Yakinlah, sangat sulit untuk kelaparan ikan. Satu makan per hari banyak, pastikan Anda menyediakan makanan untuk setiap jenis ikan di tangki Anda.

Makanan serpihan yang baik memenuhi sebagian besar kebutuhan, tetapi jika Anda memiliki banyak pengumpan bawah, Anda mungkin ingin memasukkan pelet yang tenggelam. Jangan berasumsi ikan lele dan pemulung lainnya akan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dari serpihan yang mengapung ke bagian bawah tangki. Jika Anda memiliki ikan pemakan ganggang di tangki Anda, Anda akan ingin memasukkan wafer ganggang untuk melengkapi makanan mereka.

Jangan memberi makan lebih dari ikan akan makan dalam beberapa menit. Kelebihan makanan tidak hanya tidak sehat untuk ikan dan dapat menyebabkan penyakit, tetapi juga mengotori tangki dan dapat menyebabkan lonjakan bahan kimia yang disebutkan di atas. Hal ini juga dapat membantu menyebabkan situasi yang tidak diinginkan seperti pertumbuhan alga berlebih atau wabah siput hama.

Banyak penjaga ikan menempatkan ikan mereka pada jadwal makan / cepat, menggunakan satu atau lebih hari per minggu ketika ikan tidak diberi makan. Ini membantu menjaga tangki tetap bersih, dan ikan lebih sehat. Secara sederhana, ingatlah bahwa apa yang masuk ke ikan harus keluar, jadi semakin Anda memberi makan ikan Anda, semakin kotor tangki.Tanaman hidup dapat membantu menjaga lingkungan yang sehat untuk ikan Anda.Domain Publik Wikimedia Commons6. Kelola Cahaya di dalam dan Di Sekitar Akuarium Anda

Salah satu hal yang paling membuat frustrasi bagi pemilik akuarium baru adalah mengelola ganggang di akuarium. Alga mirip dengan tanaman, dan seperti semua tanaman, mereka membutuhkan cahaya untuk berkembang. Tentu saja, Anda akan memiliki lampu di tangki Anda, karena Anda ingin melihat ikan Anda. Jadi bagaimana Anda melihat ikan Anda tanpa menanam tanaman alga yang besar?

Salah satu caranya adalah dengan mengelola jumlah cahaya yang didapat tangki Anda setiap hari. Ketika Anda memutuskan penempatan tangki Anda, cobalah untuk menjauhkannya dari mana saja yang akan mendapatkan sinar matahari yang kuat sepanjang hari. Seperti tanaman apa pun, alga menyukai sinar matahari dan akan berkembang jika diberi kesempatan.

You may also like...